Komunitas Relawan Independen atau biasa disebut dengan KRI  melaksanakan prinsip-prinsip dasar gerakan yang meliputi:
a. Kemanusiaan
b. Keikhlasan
c. Kenetralan
d. Kemandirian
e. Kesukarelaan
f. Kesatuan
g. Kesemestaan
h. Kebersamaan.
Prinsip-prinsip dasar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan pedoman dalam menyusun rencana, program, dan kebijakan serta semua aktivitas di semua jajaran Komunitas Relawan Independen beserta unit-unit yang berada di bawah lingkup Komunitas Relawan Independen

Prinsip-prinsip dasar Komunitas Relawan Independen (KRI) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 Anggaran Dasar adalah:

  1. Kemanusiaan

Komunitas Relawan Independen (KRI) didirikan berdasarkan keinginan memberi pertolongan tanpa membedakan korban yang terluka di dalam Bencana, mencegah, dan mengatasi penderitaan sesama manusia yang terjadi di mana pun. Tujuan gerakan adalah melindungi hidup dan kesehatan serta menjamin penghargaan kepada umat manusia. Gerakan menumbuhkan saling pengertian, persahabatan, kerja sama, dan perdamaian abadi bagi sesama manusia.

  1. Keikhlasan

Gerakan ini berdasarkan keihklasan tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan berdasarkan rasa sosial kemanusiaan dan tidak mengharapakan imbalan maupun hadiah dari pihak manapun tanpa memandang ras, agama, atau pandangan politik. Tujuannya semata-mata membantu meringankan beban penderitaan manusia.

  1. Kenetralan

Agar senantiasa mendapat kepercayaan dari semua pihak, gerakan ini tidak boleh memihak atau melibatkan diri dalam pertentangan politik, ras, agama, atau ideologi.

  1. Kemandirian

Gerakan ini bersifat mandiri di samping membantu pemerintahnya dalam bidang kemanusiaan, juga harus menaati peraturan negaranya, harus selalu menjaga otonominya sehingga dapat bertindak sejalan dengan prinsip-prinsip gerakan ini.

  1. Kesukarelaan

Gerakan ini didasari oleh rasa sukarela dalam bentuk tenaga dan pikiran yang tidak didasari oleh keinginan untuk mencari keuntungan apa pun.

  1. Kesatuan

Di dalam satu negara hanya ada satu perhimpunan Komunitas Relawan Independen (KRI) yang terbuka untuk semua orang dan melaksanakan tugas kemanusiaan di seluruh wilayah.

  1. Kesemestaan

Komunitas Relawan Independen (KRI) bersifat semesta. Setiap gerakannya mempunyai status yang sederajat serta berbagi hak dan tanggung jawab dalam menolong sesama manusia.

  1. Kebersamaan

Komunitas Relawan Independen (KRI) merupakan gerakan yang selalu mengedepankan kebersamaan dan saling membantu dan menolong sesame manusia