Bicara soal kemanusiaan memang semua orang bisa, namun apakah semua orang dapat melakukan seperti apa yang kita kenal yang namanya “Kemanusiaan”??

Memang sekedar melihat dan tidak terjun langsung sebagai relawan, merupakan sesuatu hal yang gampang dan mengenakkan, namun jika kita terjun langsung untuk menjadi relawan dan membantu korban bencana alam tanpa bayaran, mengharuskan kita untuk tidak boleh mengeluh, meratapi kelelahan, dan menangisi jika kita sedih, yang harus kita lakukan adalah tersenyum dan tegar, itulah yang harus dilakukan yang namanya relawan.

Dengan kostum relawan yang kita kenakan, merupakan sebuah kebanggan tersendiri.

Mengapa ?

Bukan untuk numpang eksis, numpang tenar. Tapi kembali ke hati nurani untuk membantu sesama.

Menurut (HR. Thabrani dan Daruquthni) Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.

Kebanggan terasa karena kita bisa bermanfaat untuk orang lain.

Seperti yang disimbolkan oleh seragam relawan pada umunya yang memiliki warna oranye, memiliki arti, selain memberi kesan hangat dan bersemangat. Warna ini merupakan symbol dari petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan dalam bersosialisasi. Warna oranye sebagai peleburan dari warna merah dan kuning, sama-sama memberi efek yang kuat dan hangat. Dan itulah makna yang terkandung didalam pemilihan warna orange sebaga warna dasar seragam para relawan.

Sementara untuk KRI sendiri memiliki sebuah logo yang membuat seragam oranye akan terlihat lebih keren pada saat digunakan.

Logo tersebut memiliki arti yang mendalam. Yakni;

Burung Merpati mengandung makna Cinta dan kasih yang mana sebagai persyaratan yang sangat mendasar bagi seorang volunteer.
Warna Merah Putih sendiri adalah lambang  Bendera Indonesia yang menunjukkan bahwa Komunitas Relawan Independen berasal dari bangsa yang begitu besar yakni Indonesia Raya yang selalu menjunjung tinggi kebhinekaan serta menghargai perbedaan dan selalu menghargai kearifan lokal.
Garis Kuning Tebal mempunyai arti yang  Positif, Optimis, Percaya Diri, serta mlam sebuah Harapan pada segala hal
Garis Hitam sendiri yang melingkar pada logo Komunitas Relawan Independen mempunyai arti  Perlindungan terhadap sesama makhluk baik yang tergabung dalam keluarga besar KRI maupun tidak dikarenakan pada hakekatnya kita semua adalah dari satu sumber yang sama.
Bintang Besar Warna Putih merupakan simbol Hubungan manusia dengan Tuhan sekaligus sebagai landasan dasar kita melakukan pergetakan
Bintang Kecil Warna Hitam : Hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan alam semesta yang mana tidak mungkin bisa terpisahkan karena dua unsur tersebut adalah satu kesatuan yang selalu berjalan beriringan.
Tulisan Avignam Jagat Samagram yang diambil dari kata-kata yang tertera di logo Basarnas merupakan Bahasa Sansekerta yang berarti “Damailah Bumiku beserta Isinya”
Lingkaran Hitam luar mwupakan simbol dari sebuah Ikatan serta perlindungan terhadap anggota dan sesama yang berdasarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dilandasi oleh Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945. Karena kita semua adalah saudara.

Setiap relawan yang menggunakan baju kebanggan tersebut pasti juga memiliki pengharapan yang sama sesuai dengan makna dari warna baju dan logo tersebut.

Untukmu relawan, semoga lelahmu menjadi berkah. Dan kebaikanmu dapat menjadi penolongmu di dunia maupun akhirat. Amiin….

Bravo Volunteer !

Relawan !! Siap !!!!

KRI !! Maju !!!!!!!

 

_MarselaKristiana_