Komunitas Relawan Independen ( KRI ) beserta Puluhan anggota berbagai organisasi menggelar gerakan menanam pohon di lereng Gunung Kelir Desa Sembukan, Kecamatan Sidoharjo kabupaten Wonogiri. yang sekarang dalam kondisi gundul pada hari Minggu Tanggal 21 Januari 2018.

Dalam gerakan penghijauan ini, ditanam sebanyak 2.000 bibit pohon yang terdiri dari jenis Sengon Laut, Mahoni, Beringin, Jambu, dan Rambutan. Tujuan kegiatan adalah untuk pelestarian alam dan lingkungan, utamanya untuk penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor. Penanaman bibit pohon tanaman keras seperti Sengon Laut, Mahoni dan Beringin, dimaksudkan untuk vegetasi konservasi dan pelestarian sumber daya alam tanah dan air.

“Kemudian penanaman bibit pohon produktif buah-buahan seperti jambu dan rambutan, agar kelak dapat dipetik buahnya, atau paling tidak untuk penyediaan makanan kawanan kera liar yang menghuni Gunung Kelir, agar keberadaannya tidak mengganggu tanaman pangan petani,”.

Ikut hadir dalam gerakan massal penanaman pohon penghijauan di Gunung Kelir ini, para personel dari Banser, komunitas ICW, para anggota klub sepeda motor WKC, Karang Taruna bersama para pamong desa dan masyarakat Desa Sembukan, Kecamatan Sidoharjo.

Sasaran penanaman pada lahan yang gundul dan gersang, agar kelak dapat menghijau rimbun oleh tanaman penghijauan, dan mampu mengembalikan ekosistem serta kelestarian alam di kawasan Gunung Kelir. Dengan harapan, ikut serta dalam mendukung pengurangan efek negatif dari polusi, dan menanggulangi erosi melalui upaya penciptaan kestabilan alam, agar tidak menjadi pemicu terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.