Tanggal 18 Maret 2018, KRI Surabaya (Komunitas Relawan Independen) Surabaya. Telah melakukan kegiatan Penanaman Bibit Pohon dan Donor Darah di Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya.
Acara ini bertujuan sebagai ajang memperingati Hari Hutan International, serta bekerja sama dengan beberapa Komunitas Pecinta Alam di Surabaya agar bisa saling bertatap muka satu sama lain menjaga tali silaturahmi setelah sekian lama tak berjumpa. Acara yg dikemas dengan santai tanpa melupakan keseriusan dalam melaksanakan kegiatan penanaman 999 bibit pohon maupun donor darah.
Kegiatan ini sendiri diadakan oleh Rumah Komunitas Pecinta Alam Se-Nusantara (R-kompas) dengan bersinergi bersama para komunitas pecinta alam lain serta PMI di Surabaya. Para peserta sangat menikmati acara tersebut, mengingat mereka jarang dipertemukan selain ketika ada acara di daerah Surabaya.
Acara ini juga didukung penuh oleh Walikota Surabaya beserta Kapolres Surabaya. Mereka sangat mendukung sekali kegiatan penanaman bibit2 pohon di Hutan Mangrove kota Surabaya. Selain itu juga pembersihan sungai-sungai dari sampah agar terhindar dari bencana Banjir yg terkadang datang setiap tahun nya.
Kegiatan ini diikuti oleh 85 komunitas pecinta alam se-Jatim. Selain melakukan kegiatan penanaman 999 bibit di daratan hutan mangrove dan pesisir laut, angka 999 sendiri memiliki arti persahabatan dan kekompakan para komunitas pecinta alam. Adapun kegiatan kedua selain penanaman pohon yaitu terdapat Donor Darah dengan support langsung dari PMI Surabaya.
Kegiatan donor darah sendiri memiliki daya tarik tersendiri bagi beberapa komunitas yang ikut berpartisipasi, sebab banyak yang terketuk hatinya untuk berjiwa sosial. Bagaimana tidak, begitu banyak dari mereka yang ingin mendonorkan darahnya guna untuk membantu sesama yang membutuhkan setetes darah kita.
Meskipun banyak yang tidak lolos karena beberapa alasan tetap saja tidak meruntuhkan semangat mereka untuk mencoba kembali lagi dan lagi karena begitu antusiasnya dan rasa semangat dari mereka untuk menyumbangkan darahnya.
Di akhir acara, para peserta dijadikan satu wadah. Mereka berfoto bersama untuk mendapatkan moment kebersamaan sebelum acara berakhir.
Avignam Jagat Samagram.
Surabaya, 18 Maret 2018 .