Kangen hijaunya Gunung Andong, merupakan tema dari kegiatan konservasi Gunung Andong via Dusun Sawit, kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 20-21 Januari 2018.

Kegiatan di isi dengan berbagai acara diantaranya live musik yang di lakukan pada malam hari dan siang hari, penanaman melibatkan berbagai lembaga pemerintah, komunitas dan masyarakat umum, salah satunya Komunitas Relawan Independen ( KRI), untuk KRI mendapat zona atas mata air, yang meruapakan area tanam pohon beringin, dengan kekuatan kurang lebih 25 personil dari KRI Semarang dan disuport oleh perwakilan KRI solo, jogja, sekitarnya dan dipimpin langsung oleh komandan Nuril Huda.

Kegiatan penghijaun dengan tema kangen Hijaunya Gunung Andong ini merupakan upaya konservasi kawasan resapan air yang terletak di Gunung Andong, Magelang Jawa Tengah. “Begitu kata komandan Nuril Huda” dalam sela-sela melakukan penanaman bibit pohon dilereng Gunung Andong tersebut, Selain upaya pemulihan dan pelestarian kawasan, penanaman juga berfungsi untuk mengurangi terjadinya bencana. Begitu imbuhnya

Dan ditambahkan kita mendapat zona khusus diatas mata air sebelum puncak, sesuai kebutuhan tekstur tanah diarea sana, bibit ringin yang hanya bisa tumbuh disana dan bibit itu yg spesial kita berikan untuk Gunung Andong, mengingat daya serapnya yang sangat tinggi guna menyalurkan air hujan untuk merebos ke sela-sela bumi dengan harapan nanti bisa terkonversi menjadi mata air.