Seiring banyaknya material kimia, seperti halnya benda berbahan plastik, polyester dan benda benda yang sulit terurai oleh tanah. Sekarang ini tingkat kesadaran masyarakat akan benda-benda tersebut sedikit berkurang, sehingga kalau sudah tidak berguna dibuang begitu saja tanpa memikir dampak yang terjadi.

Sehingga banyak kejadian bencana yang menimpa perumahan warga akibat kesadaran yang kurang akan membuang sampah pada tempatnya. Banyak sampah-sampah plastik yang dibuang ke sungai, hingga sampai menumpuk yang mengakibatkan bencana banjir serta mungkin juga pendangkalan.

Maka dari itu pada hari minggu, 15 oktober 2017 Komunitas Relawan Independen atau biasa disebut dengan KRI wilayah Karanganyar melakukan giat susur sungai atau bersih sungai untuk mengurangi dampak bencana banjir yang diakibatkan oleh menunpuknya sampah tersebut.

Pada giat susur sungai sendiri kali ini dilakukan di sungai Jumok, Jaten, Karanganyar, Karena mempunyai tumpukan sampah yg sedikit sangat membahayakan apalagi musim hujan sudah mulai terasa untuk Tahun Ini

Komunitas Relawan Independen Karanganyar atau biasa disebut KRI Karanganyar saat melalukan giat susur sungai bergandengan tangan Bersama SAR, TNI, POLRI dan potensi yang berada di Karanganyar.

Dan alatpun juga seadanya saat melakukan giat tersebut, seperti pacul, arit dan pengangkut sampah serta beberapa alat tali tambang skop dan lain sebagainya kecuali alat berat memang dikarenakan kegiatan tersebut untuk berkampanye pada masyarakat untuk semakin meyadarkan diri supaya jangan membuang sampah sembarangan khususnya di sungai. Dengan berbekal peralatan yang seadanya tersebut Komunitas Relawan Independen bersinergi dengan potensi lain untuk bersih sungai dengan penuh semangat dan pantang menyerah.

Bapak Tarwanto sendiri sebagai Ketua Dari Komunitas Relawan Independen Karanganyar menyambut dengan baik serta antusias adanya kegiatan yang positif ini, Karena selain kegiatan yang manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat juga sebagai penyadaran kepada masyarakat betapa pentingnya Air bagi kehidipan kita sehingga bersama-sama harus kita rawat dan menjaganya bagi kehidupan kita, belum lagi jika tumpukan sampah tersebut sampai mengurangi rasa nyaman aliaran sungai akan berdampak buruk pada kehidupan kita seperto terjadinya banjir begitu imbuhnya.

Walaupun banyak sampah yang tidak bisa terurai dan bau yang menyengat tidak menyurutkan semangat Komunitas Relawan Independen Karanganyar dan potensi lainnya dalam menjalankan giat  susur sungai.

Dengan bahu membahu bersama potensi lain Komunitas Relawan Independen Karanganyar membersihkan sungai dari sampah sampah yang tidak bisa terurai. Kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat sekitar bisa terketuk hatinya untuk lebih memahami bencana yang datang akibat perbuatan manusia itu sendiri.

Dalam giat ini Komunitas Relawan Independen Karanganyar Hanya  menurunkan sebagian  personil saja, dikarena sebagian personil menghadiri acara pertemuan rutin Komunitas Relawan Independen se-Solo Raya sehingga pasukan dibagi menjadi dua.

#komunitasrelawanindependen
#guyuprukun
#janganlupabahagia
#salamkemanusiaan

Isna~KRI KRA