Kri.or.id – Indramayu Jawa Barat Indonesia- Kamis , 2 November 2017 Jam 19.30 bertempat di Cafe Waroeng Al’Rika Komplek Perum. Bumi Mekar, KRI Kab.Indramayu mengadakan Pertemuan agendanya yaitu tgl 15 – s/d 17 Desember 2017 akan mengadakan Pelatihan dan mempersiapkan anggota Team Khusus yang akan segera di bentuk satuan Regu yang bernama TBKB ,(Team Bantuan Keadaan Bencana) Team ini di persiapkan untuk menangani khusus di Pemadaman Kebakaran, mereka akan di latih secara berkelanjutan tentang Dasar dasar terjadinya api juga tentang pelatihan Fire Drill .

Tidak tanggung – tanggung dalam pelatihan Fire Drill ini Pihak KRI Kab.Indramayu meminta Instruktur dari Fire and Safety khusus dari PT Pertamina RU VI Balongan untuk melatih Team TBKB tentang Fire Drill tersebut.

Fire Drill sendiri merupakan simulasi Pemadaman kebakaran di gedung gedung bertingkat , tujuan dari simulasi ini untuk melatih kesiapsiagaan setiap anggota KRI dalam menjalankan peran masing dari kepala regu sampai anggota Team harus tau tugas masing masing sehingga tidak timbul diskomunikasi bila terjadi kebakaran di gedung gedung.

Kang Supardi Ketua KRI Indramayu dan juga sebagai Penanggung jawab Pelatihan mengatakan,”
Dalam pelatihan ini KRI di bagi tiga regu, Regu Pertama yaitu Sebagai Team TBKB melakukan Pemadaman Kebakaran , Pengaturan evakuasi Korban koordinasi dengan pihak terkait yang bertanggung jawab terhadap gedung tersebut.
Regu ke dua sebagai Fire Warden tugasnya yaitu mengarahkan ke semua penghuni gedung untuk segera keluar karena terjadi kebakaran dan di tempatkan pada titik kumpul tertentu juga mencatat semua penghuni gedung tersebut sehingga tidak ada yang tertinggal di dalam gedung.
Dan regu ke tiga KRI Sebagai Team Sapu Bersih yaitu suatu Team Regu yang di tugaskan melakukan Pembatasan area tertentu sehingga pihak pihak yang tidak berkepentingan harus berada di luar tempat kejadian musibah, mengatur jalannya lalu lintas sehingga akses kendaraan Emergency seperti Fire Truck, ambulance, dan team penolong lainnya tidak terganggu,” tandasnya.

Di harapkan semua pihak mendukung kegiatan pelatihan ini sehingga Team TBKB sewaktu waktu siap untuk menjalankan misi kemanusiaan di setiap kebencanaan terutama Kebakaran di gedung gedung bertingkat, pertemuanpun di akhiri dengan ngopi bersama.

*KRI 1 Im*