Dalam pandangan kami di Divisi Konservasi Komunitas Relawan Independen keberhasilan pelestarian alam bukanlah hanya hitungan berapa banyak pohon yang berhasil ditanam atau bisa menyediakan bibit yang banyak untuk di taman, Lebih dari itu yang membuat kita bahagia dan lebih bersyukur ketika kami bisa mengajak saudara, teman-taman kami, ataupun masyarakat luas untuk bersama-sama melestarikan alam ini. Bukanlah hal yang mudah untuk di lakukan karena kegiatan pelestarian alam bukanlah kegiatan yang hasilnya dapat di sajikan secara cepat maupun segera memetik hasilnya.

Selama ini ajakan yang kami Komunitas Relawan Independen terapkan dengan berdiskusi ringan, menyampaikan pandangan kami tentang pentingnya pelestarian alam dan juga menunjukkan pergerakan-pergerakan pelestarian alam yang kami lakukan semata-mata demi kebaikan bersama dan untuk masa depan yang lebih baik. Boleh dikatakan apa yang kita lakukan adalah gerakan kampanye yang dilakukan di sela-sela kegiatan.

Ajakan untuk berkonservasi kita kampanyekan baik secara pribadi ataupun secara kelompok seperti yang kita lakukan kepada kelompok Tani Panji Kinasih. Kelompok Tani Panji Kinasih adalah kelompok tani pinggir hutan yang sekarang mengelola pembibitan tanaman hutan yang endemic gunung merbabu. Komunitas Relawan Independen khusunya divisi Konservasi bukanlah satu-satunya komunitas yang mengajak dan mendorong kelompok tani ini. Banyak pihak lain baik perorangan maupun kelompok yang tentunya memiliki keinginan yang sama yaitu menjadikan kelompok Tani Panji Kinasih sebagi kelompok tani yang peduli terhadap pelestarian alam.

Peran Divisi Konservasi dalam berkegiatan dan kampanyenya adalah murni tumbuh dari rasa kepedulian terhadap pelestarian alam. Tanggung jawab moral untuk pelestarian alam merupakan tanggung jawab kita bersama dan sebagai jawaban lingkup besar Komunitas Relawan independen menampung indifidu-idifidu yang memiliki rasa dan kepedulian pelestarian alam membentuk Divisi Konsevasi yang berperan lebih khusus dalam bidang pelestarian alam.

Harapan besar dari pergerakan dan kampanye kami adalah sebuah percepatan. Diantaranya adalah percepatan pengembalian ekosistem yang rusak, percepatan pengembalian debit air yang berkurang, percepatan mengembalikan hutan yang gundul jadi hutan yang lebat. Itu semua hanya bisa di capai ketika lebih banyak saudara-saudara kita ikut menanam, ketika lebih banyak teman-teman kita mau ikut menjaga dan merawat alam ini. Itu semua dapat diraih jika semakin banyak masyarakat mau dan ikut peduli terhadap pelestarian alam.
#Salamlestari
#konservasibersama