Our Blog

Keseruan Orientasi KRI

Orientasi,, Apa sih Orientasi itu … ?Orientasi adalah Suatu pengenalan atau pengakraban sesama anggota. Singkatnya seperti itu

Naahh,,, didalam KRI (Komunitas Relawan Independen) kemarin sudah melakukan Orientasi, tepatnya diwilayah Solo. Banyak diikuti oleh anggota anggota KRI diberbagai macam daerah khususnya Solo Raya Dan dri Pati, Rembang, Surabaya, Pacitan,ย  Bekasi, Ponorogo dan lain-lain.

Di Orientasi banyak meteri materi yang kita dapat , Jadi bukan hanya sekedar perkenalan tetapi kita juga mendapat banyak sekali materi terutama pada Devisi-Devisi yg ada dalam struktur KRI, seperti divisi Komunikasi, Divisi Konserasi, Divisi Kebencanaan dan divisi Sosial Kemasyarakatan.

Yang paling seru dan berkesan dalam orientasi pastinya saat ada Game.

Kehangatan Orientasi KRI

Komunitas Relawan Independen merupakan wadah bagi orang-orang yang memiliki jiwa sosial tinggi sebagai seorang relawan. Baik dibidang sosial masyarakat, penghijauan, kebencanaan, maupun komunikasi.

KRI sendiri sudah berdiri sejak tahun 2006 dan sudah brdiri diberbagai kota se solo raya maupun luar daerah seperti surabaya, bekasi, semarang, pati rembang, dll. Dan memiliki anggota total 500 orang lebih.

KRI telah menggelar Orientasi Komunitas 2018 secara perdana di Solo. Acara ini diadakan guna mempertemukan seluruh anggota KRI yang tersebar di berbagai wilayah, agar mereka saling mengenal satu sama lain. Orientasi ini telah terlaksana pada hari Sabtu & Minggu tanggal 13 &

Tanggapan Giat Orientasi

Tanggapan dari beberapa peserta dan pemangku wilayah serta respon panitia tentang giat orientasi tanggal 13-14 Januari 2018

*Kesan*
1. Mantap dan keren
2. Banyak sodara banyak rejeki (guyub rukun)
3. Banyak menerima masukan yg menambah semangat
4. Tidak ada senior junior yang ada adalah kekeluargaan yg kental

*Pesan*
1. Dijadikan agenda tahunan
2. Di adakannya outbond atau ditambah edisi outbondnya..
3. Dalam stiap sesi mohon diadakan icebreaking biar pada ga nguap trus…๐Ÿ˜๐Ÿ˜
4. Ditambah unsur sinergisitas…seperti dinsos, tagana pemangku kebijakan dll)
5. Lebih bisa dimobilisasi lagi…
6.

Pengenalan Komunitas Relawan Independen

Dalam menjalankan salah satu program kerja divisi diklat dan kaderisasi Komunitas Relawan Independen atau yang biasa disebut KRI yang berupa orientasi telah berhasil dilaksanakan dengan sukses. Kegiatan yang berupa orientasi tersebut merupakan salah satu giat untuk memperkenalkan Komunitas Relawan Independen atau biasa disebut KRI terhadap kalayak ramai.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Wisma Sejahtera Surakarta tersebut diadakan selama dua hari pada Tanggal 13-14 Januari 2018 sebagai ajang untuk mengupas tuntas tentang keberadaan KRI baik dari segi pergerakan, hukum maupun divisi apa saja yang ada didalamnya kepada para peserta yang telah mengikutinya.

Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 100 peserta dari berbagai wilayah se Indonesia seperti Bekasi,

ORIENTASI KRI

Salah satu kegiatan manajemen anggota yang sangat penting adalah penerimaan anggota baru. Setelah anggota diterima dilakukan proses masa orientasi yang sangat diperlukan anggota agar dapat memahami lingkungan komunitas, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosialnya.

Semakin besar suatu komunitas, maka akan semakin berat tuntutan-tuntutan yang harus dipenuhi oleh anggota baru, dalam hal ini adalah seorang relawan.

Orientasi anggota baru diharapkan dapat menghantarkan anggota pada suasana yang baru yang berbeda dengan sebelumnya. Dengan demikian anggota akan sadar bahwa komunitas yang ia masuki membutuhkan pikiran, tenaga dan waktu yang relatif lebih banyak banyak.

Orientasi sendiri merupakan suatu proses perkenalan.

Hidup Dalam Lingkaran Bencana

Tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari ini, mengakibatkan banyaknya genangan yang terdapat diberbagai wilayah, sehingga menyebabkan terjadinya bencana alam banjir. Bahkan sebagian wilayah terkena dampaknya berupa tanah longsor. Bencana banjir sering terjadi pada musim hujan. Terjadinya banjir karena curah hujan yang tinggi.

Sementara sumber daya alam seperti hutan yang telah rusak dan prasarana untuk mengalirkan air tersumbat . Daerah yang terkena banjir, biasanya akan mengakibatkan kegiatan masyarakat akan lumpuh, terlebih lagi jika itu besar dan memakan waktu berhari-hari. Dampak dari daerah yang terkena banjir pada umumnya akan terlihat kumuh atau kotor, banyak bibit penyakit yang timbul, khususnya penyakit kulit,

Gerak Jalan Mojokerto Suroboyo

Tanggal 18 November 2017 , tanggal dimana rekan-rekan KRI Surabaya melakukan kegiatan gerak jalan Mojokerto – Surabaya atau yg lebih dikenal dengan MojoSuro. Gerak jalan yang sangat dipersiapkan dengan matang jauh jauh hari oleh kawan kawan KRI Surabaya. Berbagai persiapan dilakukan, mulai dengan latihan baris berbaris, fisik , renang bahkan latihan gerak jalan menyusuri kota surabay di malam hari. Ramainya jalanan surabaya saat malam hari tidak menyurutkan niat dan tekad kawankawan KRI Surabaya untuk berlatih, agar diwaktu hari pelaksanaan tidak kaget maupun canggung dengan jarak yg amat jauh saat ditempuh.

Gerak jalan yg dilakukan untuk mengenang Hari Pahlawan ini sangat dinantikan para warga yg hanya sekedar ingin melihat maupun sekedar memberi air putih untuk para peserta.

Curhatan Seorang Relawan

Menjadi relawan membuat saya sadar bahwa mengeluh itu tidak akan menyelesaikan masalah, tidak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik, dari situ kita dituntut untuk berusaha, bahkan hingga keluar dari zona nyaman kita demi memperbaiki keadaan yg ada. menjadi relawan membuat saya sadar, jika tak sepenuhnya hidup saya adalah yang paling menderita ketika saya diterpa berbagai masalah, karena sesungguhnya masih banyak orang yg tak seberuntung kita. Kita masih punya rumah untuk berteduh, kita masih ada makanan untuk mengenyangkan perut, kita masih ada teman yang bisa kita ajak bicara, kita masih punya keluarga, bahkan kita semua yang disini memiliki gadget yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan mengakses segala informasi dengan cepat dan mudah.

Rasa Peduli Adalah Pondasi Relawan

Pondasi dasar seorang RELAWAN adalah ..

Dan dari rasa peduli itu timbulah PENGERTIAN
RASA BELAS KASIHAN
RASA INGIN MENOLONG
RASA INGIN BERBAGI
dan kepedulian kepedulian lain nya

Dan semua itu kita lakukan dengan SUKARELA tanpa mengharap pamrih dalam bentuk apapun.

Dan kita harus bangga menjadi RELAWAN berarti kita punya RASA PEDULI atau KEPEDULIAN yg lebih tinggi di banding orang lainnya.

Ketika ada kesenjangan sosial atau ketimpangan sosial anak terlantar dan tidak ada yang peduli dengan pendidikannya tapi ANDA PEDULI dan dengan sukarela membantu pendidikannya entah dengan materi (uang) atau non materi anda kasih langsung pelajaran membina dan mendidiknya maka sampean di sebut RELAWAN

Ketika ada lahan di gunung yang habis kebakaran dan tersentuh hati kalian untuk menanaminya kembali dengan sukarela sebagai bentuk pemulihan ekosistem maka sampean di sebut RELAWAN

Ketika ada orang yang membutuhkan pertolongan anda entah itu kecelakaan yang kebetulan anda melihat langsung saat pulang kerja atau saat dalam perjalaan anda dan sekali lagi anda merasa terpanggil untuk menolongnya dengan suka rela maka sampean di sebut RELAWAN meskipun sampean gak pakai seragam relawan atau bahkan belom bergabung dengan komunitas relawan tetap saja sikap dan perilaku menolong dengan sukarela yang anda tunjukkan adalah sikap seorang relawan..

Pentingnya Pelatihan Demi Menunjang Skill Anggota KRI

*Pentingnya Pelatihan Demi Menunjang Skill Anggota KRI*

Membentuk kelompok yang disatukan dalam sebuah tujuan tidaklah mudah. Apalagi jika dalam kelompok tersebut terdiri dari latar belakang dan budaya yang berbeda. Tak jarang setiap individu memiliki kepribadian unik yang tidak dimiliki oleh individu lainnya. Demi mewujudkan tujuan bersama untuk menjadi lebih baik, dibutuhkan umpan balik dari organisasi atau komunitas yang dinaungi setiap individu tersebut. Umpan balik tersebut bersifat membangun antara individu satu dengan yang lainnya.

Seperti halnya Komunitas Relawan Independen yang bergerak dibidang sosial masyarakat, konservasi, dan kebencanaan, sering melakukan pembekalan atau pelatihan kepada anggotanya, khususnya dalam bidang kebencanaan.

Team Bantuan Keadaan Bencana

Kri.or.id – Indramayu Jawa Barat Indonesia- Kamis , 2 November 2017 Jam 19.30 bertempat di Cafe Waroeng Al’Rika Komplek Perum. Bumi Mekar, KRI Kab.Indramayu mengadakan Pertemuan agendanya yaitu tgl 15 – s/d 17 Desember 2017 akan mengadakan Pelatihan dan mempersiapkan anggota Team Khusus yang akan segera di bentuk satuan Regu yang bernama TBKB ,(Team Bantuan Keadaan Bencana) Team ini di persiapkan untuk menangani khusus di Pemadaman Kebakaran, mereka akan di latih secara berkelanjutan tentang Dasar dasar terjadinya api juga tentang pelatihan Fire Drill .

Tidak tanggung – tanggung dalam pelatihan Fire Drill ini Pihak KRI Kab.Indramayu meminta Instruktur dari Fire and Safety khusus dari PT Pertamina RU VI Balongan untuk melatih Team TBKB tentang Fire Drill tersebut.

Perawatan Paska Taman

Perawatan Paska Tanam Komunitas Relawan Independen yang di motori divisi konservasi pada Tanggal 29 Oktober 2017 melakukan giat perawatan di Bukit Kinasih Senden Boyolali. Kegiatan Perawatan tersebut dianggap perlu dikarenakan untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan pertumbuhan pohon-pohon yang telah di tanamnya beberapa bulan yang lalu.

Dan dalam Catatan tim Konservasi yang dipimpin langsung oleh Pemangkunya Mas Nafi memang ada beberapa pohon hasil tanam beberapa bulan kemaren tidak tumbuh, dan hasil dari pengamatannya bisa jadi kekurangan air atau bahkan ada yang rongkat alias tercabut atau kurang dalam dalam melakukan penanaman kemaren.

Dan sebenarnya fokus untuk Devisi Konservasi Komunitas Relawan Independen tersebut adalah untuk membersihkan area sekitar tanaman atau pohon yang telah ditanam beberapa bulan yang lalu.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE