Our Blog

Gerak Jalan Mojokerto Suroboyo

Tanggal 18 November 2017 , tanggal dimana rekan-rekan KRI Surabaya melakukan kegiatan gerak jalan Mojokerto – Surabaya atau yg lebih dikenal dengan MojoSuro. Gerak jalan yang sangat dipersiapkan dengan matang jauh jauh hari oleh kawan kawan KRI Surabaya. Berbagai persiapan dilakukan, mulai dengan latihan baris berbaris, fisik , renang bahkan latihan gerak jalan menyusuri kota surabay di malam hari. Ramainya jalanan surabaya saat malam hari tidak menyurutkan niat dan tekad kawankawan KRI Surabaya untuk berlatih, agar diwaktu hari pelaksanaan tidak kaget maupun canggung dengan jarak yg amat jauh saat ditempuh.

Gerak jalan yg dilakukan untuk mengenang Hari Pahlawan ini sangat dinantikan para warga yg hanya sekedar ingin melihat maupun sekedar memberi air putih untuk para peserta.

Curhatan Seorang Relawan

Menjadi relawan membuat saya sadar bahwa mengeluh itu tidak akan menyelesaikan masalah, tidak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik, dari situ kita dituntut untuk berusaha, bahkan hingga keluar dari zona nyaman kita demi memperbaiki keadaan yg ada. menjadi relawan membuat saya sadar, jika tak sepenuhnya hidup saya adalah yang paling menderita ketika saya diterpa berbagai masalah, karena sesungguhnya masih banyak orang yg tak seberuntung kita. Kita masih punya rumah untuk berteduh, kita masih ada makanan untuk mengenyangkan perut, kita masih ada teman yang bisa kita ajak bicara, kita masih punya keluarga, bahkan kita semua yang disini memiliki gadget yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan mengakses segala informasi dengan cepat dan mudah.

Rasa Peduli Adalah Pondasi Relawan

Pondasi dasar seorang RELAWAN adalah ..

Dan dari rasa peduli itu timbulah PENGERTIAN
RASA BELAS KASIHAN
RASA INGIN MENOLONG
RASA INGIN BERBAGI
dan kepedulian kepedulian lain nya

Dan semua itu kita lakukan dengan SUKARELA tanpa mengharap pamrih dalam bentuk apapun.

Dan kita harus bangga menjadi RELAWAN berarti kita punya RASA PEDULI atau KEPEDULIAN yg lebih tinggi di banding orang lainnya.

Ketika ada kesenjangan sosial atau ketimpangan sosial anak terlantar dan tidak ada yang peduli dengan pendidikannya tapi ANDA PEDULI dan dengan sukarela membantu pendidikannya entah dengan materi (uang) atau non materi anda kasih langsung pelajaran membina dan mendidiknya maka sampean di sebut RELAWAN

Ketika ada lahan di gunung yang habis kebakaran dan tersentuh hati kalian untuk menanaminya kembali dengan sukarela sebagai bentuk pemulihan ekosistem maka sampean di sebut RELAWAN

Ketika ada orang yang membutuhkan pertolongan anda entah itu kecelakaan yang kebetulan anda melihat langsung saat pulang kerja atau saat dalam perjalaan anda dan sekali lagi anda merasa terpanggil untuk menolongnya dengan suka rela maka sampean di sebut RELAWAN meskipun sampean gak pakai seragam relawan atau bahkan belom bergabung dengan komunitas relawan tetap saja sikap dan perilaku menolong dengan sukarela yang anda tunjukkan adalah sikap seorang relawan..

Pentingnya Pelatihan Demi Menunjang Skill Anggota KRI

*Pentingnya Pelatihan Demi Menunjang Skill Anggota KRI*

Membentuk kelompok yang disatukan dalam sebuah tujuan tidaklah mudah. Apalagi jika dalam kelompok tersebut terdiri dari latar belakang dan budaya yang berbeda. Tak jarang setiap individu memiliki kepribadian unik yang tidak dimiliki oleh individu lainnya. Demi mewujudkan tujuan bersama untuk menjadi lebih baik, dibutuhkan umpan balik dari organisasi atau komunitas yang dinaungi setiap individu tersebut. Umpan balik tersebut bersifat membangun antara individu satu dengan yang lainnya.

Seperti halnya Komunitas Relawan Independen yang bergerak dibidang sosial masyarakat, konservasi, dan kebencanaan, sering melakukan pembekalan atau pelatihan kepada anggotanya, khususnya dalam bidang kebencanaan.

Team Bantuan Keadaan Bencana

Kri.or.id – Indramayu Jawa Barat Indonesia- Kamis , 2 November 2017 Jam 19.30 bertempat di Cafe Waroeng Al’Rika Komplek Perum. Bumi Mekar, KRI Kab.Indramayu mengadakan Pertemuan agendanya yaitu tgl 15 – s/d 17 Desember 2017 akan mengadakan Pelatihan dan mempersiapkan anggota Team Khusus yang akan segera di bentuk satuan Regu yang bernama TBKB ,(Team Bantuan Keadaan Bencana) Team ini di persiapkan untuk menangani khusus di Pemadaman Kebakaran, mereka akan di latih secara berkelanjutan tentang Dasar dasar terjadinya api juga tentang pelatihan Fire Drill .

Tidak tanggung – tanggung dalam pelatihan Fire Drill ini Pihak KRI Kab.Indramayu meminta Instruktur dari Fire and Safety khusus dari PT Pertamina RU VI Balongan untuk melatih Team TBKB tentang Fire Drill tersebut.

Perawatan Paska Taman

Perawatan Paska Tanam Komunitas Relawan Independen yang di motori divisi konservasi pada Tanggal 29 Oktober 2017 melakukan giat perawatan di Bukit Kinasih Senden Boyolali. Kegiatan Perawatan tersebut dianggap perlu dikarenakan untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan pertumbuhan pohon-pohon yang telah di tanamnya beberapa bulan yang lalu.

Dan dalam Catatan tim Konservasi yang dipimpin langsung oleh Pemangkunya Mas Nafi memang ada beberapa pohon hasil tanam beberapa bulan kemaren tidak tumbuh, dan hasil dari pengamatannya bisa jadi kekurangan air atau bahkan ada yang rongkat alias tercabut atau kurang dalam dalam melakukan penanaman kemaren.

Dan sebenarnya fokus untuk Devisi Konservasi Komunitas Relawan Independen tersebut adalah untuk membersihkan area sekitar tanaman atau pohon yang telah ditanam beberapa bulan yang lalu.

Pencarian Korban Tersambar kereta Api

Pencarian korban tersambar KA Turangga jurusan jakarta – surabaya di Jembatan Rel Jurug surakarta

Banyaknya kejadian kecelakaan darat mulai dari sepeda motor, kendaraan roda 4, truk maupun kereta api. Kejadian tersebut terjadi dikarenakan kurangnya berhati hati dalam berkendara. Pada Tanggal 30 Oktober 2017 di jembatan rel Jurug terjadi laka lantas yaitu, kereta api Turangga jurusan Jakarta – surabaya menyambar korban hingga meninggal.

Kronologi kejadian pada hari senin sekitar pukul 05.30 kereta api Turangga melintas dan menyambar orang yang belum diketahui identitasnya hingga meninggal. Di sepanjang rel tersebut banyak bercak dan ceceran daging manusia diduga korban tertabrak kereta api turangga,

Renovasi Jalan Penghubung Antar Desa

Korlap atau komando lapangan Komunitas Relawan Independen pos 4 Jampen Teguh /bimo beserta anggota nya melaksanakan renovasi jembatan penghubung desa Jampen dgn desa Garen yg di bantu warga sekitar, Minggu tgl 29 Oktober 2017

Acara kegiatan sosial masyarakat yang berupa renovasi pengaman jembatan penghubung antar desa tersebut dimulai dari mulai pagi sampai sore. Dengan penuh semangat dan didasari dengan rasa guyub rukun antar anggota serta membaur dengan masyarakat menambah syahdu kegiatan tersebut.

Kegiatan renovasi pengaman jembatan penghubung antar desa sendiri menghabiskan biaya yang lumayan gede bagi sekelas Komunitas yang mempunyai slogan kere hore tersebut yakni sebesar kurang lebih dua juta rupiah atau Rp.

Ekspedisi Gunung Lawu KRI Karanganyar

Dalam rangka memperingati dan mengisi hari Sumpah Pemuda, Komunitas Relawan Independen Karanganyar mengadakan giat berupa Ekspedisi Gunung Lawu atau pendakian Gunung Lawu pada Tanggal 27 – 28 Oktober 2017. Giat pendakian tersebut di ikuti oleh berbagai elemen Masyarakat dan beberapa perwakilan Komunitas lain dan dari pihak-pihak pemerintahan Seperti Kepolisian, TNI, dan beberapa Pns setempat juga turut serta memeriahkan Hari Sumpah Pemuda yang di selenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Dispora Karanganyar

Dalam Ekspedisi atau pendakian Gunung Lawu tersebut sendiri diberangkatkan dari pintu Cemoro Kandang dan dipimpin lengsung oleh bapak Bupati dan wakil Bupati Karanganyar Bapak Drs juliatmono dan Rohadi Widodo yang biasa disingkat YURO.

NOBAR DI BANTARAN SUNGAI BENGAWAN SOLO

NOBAR FILM NASIONALISME DI BANTARAN SUNGAI BENGAWAN SOLO, DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA YANG KE 89

Salah satu tonggak utama pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia adalah Sumpah Pemuda. Peristiwa ini dapat dimaknai sebagai momentum awal dari bulatnya tekad pemuda Indonesia untuk mengakhiri masa ketertindasan yang telah berjalan selama beratus-ratus tahun. Momen ini juga dapat diartikan sebagai titik kumpul dari perjuangan rakyat yang sebelumnya hanya berbasis kedaerahan dan kurang terkoordinasi.

Sesuai dengan nama “Sumpah Pemuda”, peristiwa ini merupakan sebuah momen ketika para pemuda Indonesia mengucapkan ikrar bahwa mereka bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu yaitu Indonesia.

Wadas Lintang Wonosobo Longsor

kri.or.id – Wonosobo – Jln Besuki Dusun Dadap gede Kelurahan Wadas Lintang Longsor dan beberapa jalan utama desa amblas akibat hujan deras yang mengguyur daerah tersebut sehingga aktifitas kurang lebih 60 Kepala keluarga di empat Dusun yaitu Dusun Sipait, Dusun Kesenet, Dusun Kalisalak, Dusun Sikapat sangat terganggu dengan Acident tersebut , Banyak Pohon tumbang dan menimpa perumahan warga karena hujan tersebut juga di barengi dengan angin puting beliung.

Dusun Dadap Gede paling parah karena banyak pohon besar menimpa Rumah warga, Dusun Dadapgede sendiri berada di Kecamatan Wadas Lintang Kab.Wonosobo Propinsi Jawa Tengah Jum’at 27 Oktober 2017 Banyak jalan –