Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh,

Yang saya hormati :

Puji serta syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan ridho-Nya, kita dapat bersama-sama mengikuti aksi resik kutho dan penghijauan yang bertema gerakan 1 rumah tanam satu pohon  di seluruh kota Salatiga yang Insya Allah akan kita lakukan bersama-sama selama 22 bulan yang dimulai di kelurahn kembangarum ini. Acara ini sebenarnya hanya untuk menggugah kembali sifat kegotong royongan yang kita nilai sudah sedikit luntur karena perkembangan jaman dan menggugah kembali betapa pentingnya sebuah penghijauan bagi kehidupan kita.

Saudara sekalian yang saya hormati,

Sekarang zaman telah berubah, kita memang telah merdeka, musuh yang kita hadapi sekarang adalah kebodohan, kemiskinan, dan kerusakan lingkungan. Melalui momentum seperti resik kutho dan penghijauan dengan tema gerakan satu rumah tanam satu pohon , kita kobarkan semangat untuk membenahi segala kekurangan dan kelemahan serta bertekad untuk memberikan yang terbaik dalam melaksanakan kegiatan social yang mulia ini. KRI sebagai Komunitas yang Insya Allah berusaha tetap independen mengajak saudara-saudara sekalian tanpa memandang dari komunitas mana kita berangkat dan dari baju apa yang kita pakai, yang penting kita tetap harus saling bergandengan tangan untuk menjalankan kegiatan social penghijauan dan resik kutho ini. dan harapan kita dengan terselenggaranya kegiatan social tersebut yang insya Allah akan kita laksanakan secara terus menerus pada minggu terakhir setiap bulanya akan memberikan efek positif bagi generasi yang akan datang dan terlihat untuk kota Salatiga umumnya dan untuk Kelurahan kembangarum terlihat lebih asri serta lebih hijau dan asri

Disamping itu, dengan penamanan pohon rambutan serta pohon mangga yang kita canangkan tersebut harapan kita untuk kedepannya mempunyai nilai ekonomis yang bisa diambil manfaatnya minimal untuk 5 tahun kedepan. Dan jika kita tidak bisa menikmati hasil tersebut minimal kita tidak mewarisi sebuah kegersangan daerah  kita bagi generasi berikutnya.

Para hadirin dan relawan penghijauan sekalian yang berbahagia,

Saat ini, upaya-upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan, melalui konservasi tanah dan air, serta reboisasi dan penghijauan, sudah tidak dapat ditunda lagi. Bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius, seperti banjir, erosi, tanah longsor, kekeringan, pemanasan global, rusaknya lingkungan alam, kepunahan dan hilangnya beberapa jenis flora dan fauna, kebakaran lahan dan hutan, ledakan penduduk, dan sebagainya.

Hutan yang terpelihara dengan baik, dan lahan yang ditumbuhi pepohonan dengan cukup, akan berfungsi lindung bagi lahan di sekitarnya. Dengan demikian lahan akan berfungsi dengan baik dalam menata air, menyerap dan menyimpan air, lahan menjadi subur, kelembaban tanah, udara, dan iklim dapat terjaga keseimbangannya.

Saudaraku para relawan sekalian yang saya hormati,

Mengingat dampaknya yang begitu luas, maka perlu komitmen seluruh komponen warga untuk bersama-sama mengatasi pemanasan global. Upaya yang dapat dilakukan di antaranya adalah dengan banyak melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon. Penanaman pohon menjadi hal yang perlu digalakkan. Karena pohon diyakini mampu menyerap kadar CO2 dalam atmosfer. Selain itu pohon juga bermanfaat ganda bagi manusia dan lingkungan, yaitu mengatur tata air, menyuburkan tanah, menghasilkan buah-buahan dan kayu.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Sebelum saya akhiri, saya ucapkan selamat berkarya. Semoga Tahun ini kita terus diberkahi Allah SWT untuk kemajuan kota kita Salatiga tercinta dan bagi negara dan bangsa ini.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.