*Pentingnya Pelatihan Demi Menunjang Skill Anggota KRI*

Membentuk kelompok yang disatukan dalam sebuah tujuan tidaklah mudah. Apalagi jika dalam kelompok tersebut terdiri dari latar belakang dan budaya yang berbeda. Tak jarang setiap individu memiliki kepribadian unik yang tidak dimiliki oleh individu lainnya. Demi mewujudkan tujuan bersama untuk menjadi lebih baik, dibutuhkan umpan balik dari organisasi atau komunitas yang dinaungi setiap individu tersebut. Umpan balik tersebut bersifat membangun antara individu satu dengan yang lainnya.

Seperti halnya Komunitas Relawan Independen yang bergerak dibidang sosial masyarakat, konservasi, dan kebencanaan, sering melakukan pembekalan atau pelatihan kepada anggotanya, khususnya dalam bidang kebencanaan. KRI pernah melakukan pelatihan Water Rescue, Jungle Rescue, dan MFR. Yang dilatih langsung oleh pelatih profesional dari BASARNAS dan KOPASSUS. Pelatihan yang diberikan bukan hanya berupa materi kelas, namun juga langsung praktek di lapangan.

Tujuan diberikannya pelatihan tersebut adalah untuk membangkitkan semangat, juga untuk membekali skil setiap anggota. Harapannya agar setiap melakukan kegiatan berupa evakuasi dalam kebencanaan, mereka terjun bukan hanya mengandalkan fisik yang kuat dan mental yang tangguh. Namun juga karna mereka telah memiliki skil sehingga mampu mengevakuasi korban dengan cara dan tahapan yang benar. Selain itu diharapkan adanya keaktifan dan komunikasi yang terbuka, saling percaya, saling mendukung, dan kerja sama antara anggota satu dengan yang lainnya.

Namun pelatihan yang diberikan oleh KRI ini berbeda dengan pelatihan atau diklat oleh komunitas atau organisasi lain yang cenderung keras dan menyeramkan, hingga menimbulkan korban jiwa. KRI lebih enjoy dan santai, bahkan terkadang pelatihan yang dibuat, mereka bungkus dalam bentuk suatu kegiatan yang lebih asik. Dalam memberikan materi, mereka serius tapi santai. Dari situ akan menimbulkan keakraban antara satu anggota dengan yang lain, dengan para pelatih.

Itulah yang membedakan KRI dengan komunitas atau organisasi lain. Hingga mayoritas anggota merasa jika KRI ini adalah keluarga bagi mereka….
Bravo KRI !!

 

~MarselaKristiana