Dalam menjalankan salah satu program kerja divisi diklat dan kaderisasi Komunitas Relawan Independen atau yang biasa disebut KRI yang berupa orientasi telah berhasil dilaksanakan dengan sukses. Kegiatan yang berupa orientasi tersebut merupakan salah satu giat untuk memperkenalkan Komunitas Relawan Independen atau biasa disebut KRI terhadap kalayak ramai.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Wisma Sejahtera Surakarta tersebut diadakan selama dua hari pada Tanggal 13-14 Januari 2018 sebagai ajang untuk mengupas tuntas tentang keberadaan KRI baik dari segi pergerakan, hukum maupun divisi apa saja yang ada didalamnya kepada para peserta yang telah mengikutinya.

Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 100 peserta dari berbagai wilayah se Indonesia seperti Bekasi, Surabaya, Indramayu, Ponorogo, Pacitan Pati Rembang atau Biasa disebut Juga Patrem tersebut berjalan penuh dengan khitmad dan dengan rasa kekeluargaan yang begitu kental.

Ajang Orientasi selain untuk mengenalkan KRI terhadap khalayak ramai juga sebagai perekrutan anggota baru untuk menyalurkan minat dan bakatnya di bidang Sosial Kebencanaan.

Dan dalam acara tersebut semua divisi juga maju kedepan untuk memaparkan apa  kegiatan yang telah dilaksanakan serta program apa aja yang akan direncanakan seperti divisi konservasi, komunikasi, kebencanaan dan divisi sosial masyarakat, dengan harapan jika ada peserta berniat ikut andil dalam keluarga besar Komunitas Relawan Independen bisa langsung menyesuaikan dengan minat dan bakatnya