Bismillahirahmanirohim

Indonesia akan selalu menjadi surga, bagi para penikmat eksotika alam khatulistiwa. Bentang alam yang memanjang dari Sabang sampai Merauke yang dapat melemahkan mata.

 Namun siapa yang tahu, orang awam seperi kita tentang Indonesia seutuhnya. dibalik kecantikan Indonesia. Dalam sentuhan geologis, Indonesia merupakan negeri diatas bencana. Indonesia termasuk dalam lingkungan cincin api (ring of fire) yang memilki potensi bencana alam cukup tinggi, karena berada diantara wilayah lintasan dua jalur pegunungan yaitu pegunungan sirkum pasifik dan sirkum mediterania yang terdapat banyak gunung berapi dan aktivitasnya dapat menyebabkan terjadinya gempa vulkanik. Posisi geologis Indonesia yang berada pada pertemuan tiga lempeng aktif yaitu lempeng Indo-Australia dibagian selatan, lempeng Euro-Asia dibagian utara dan lempeng pasifik dibagian timur. Dengan demikian, posisi Indonesia sangat rawan terhadap bencana. Baik dari aktivitas vulkanis maupun tektonik.

Sudah seharusnya pendidikan tentang kebencanaan di galakkan untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia yang siaga bencana. Pemahaman mengenai kebencanaan harus senantiasa menjadi keharusan baik dari pemerintah maupun masyarakat

Hal inilah yang melatar belakangi Komunitas Relawan Independen (KRI) untuk mengajak  warga masyarakat di daerah-daerah untuk segera bergabung dan mendata para masyarakat yang dengan sukarela mau bergabung dengan Komunitas Relawan Independen (KRI)

Dengan bergabungnya warga masyarakat yang berkeinginan bergabung dengan Komunitas Relawan Independen supaya lebih mudah dalam melakukan koordinasi dan konsolidasi antar sesama Relawan dan sekaligus untuk menyatukan Visi dan Misi kebencanaan dan kerelawanan

Sekian terima kasih

Boyolali 29 April 2014

 

 

Mufid Muhtar

ketua