Salah satu kegiatan manajemen anggota yang sangat penting adalah penerimaan anggota baru. Setelah anggota diterima dilakukan proses masa orientasi yang sangat diperlukan anggota agar dapat memahami lingkungan komunitas, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosialnya.

Semakin besar suatu komunitas, maka akan semakin berat tuntutan-tuntutan yang harus dipenuhi oleh anggota baru, dalam hal ini adalah seorang relawan.

Orientasi anggota baru diharapkan dapat menghantarkan anggota pada suasana yang baru yang berbeda dengan sebelumnya. Dengan demikian anggota akan sadar bahwa komunitas yang ia masuki membutuhkan pikiran, tenaga dan waktu yang relatif lebih banyak banyak.

Orientasi sendiri merupakan suatu proses perkenalan. Perkenalan ini meliputi lingkungan fisik komunitas dan lingkungan sosial komunitas. Lingkungan fisik yang dimaksud adalah beberapa devisi yang terdapat di dalam Komunitas Relawan Independen. Sementara lingkungan sosial adalah jajaran pengurus, pembina, sesepuh, dan anggota yang lain. Jadi dalam hal ini diperlukannya orientasi guna mengenal lebih dalam tentang suatu komunitas yang dimasukinya.

Adapun tujuan dilaksanakannya orientasi adalah agar anggota mengenal lebih dekat tentang KRI, agar anggota mengetahui lebih jauh tentang beberapa devisi yang berada di dalam KRI serta tugas -tugasnya. Dan menyiapkan anggota yang siap secara fisik, tenaga, dan pikiran untuk menjadi seoang relawan.

Seperti yang baru saja dilaksanakan Komunitas Relawan Independen, Orientasi yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 13-24 Januari 2018 di Wisma Sejahtera Solo. Kegiatan tersebut berlangsung sangat menarik, penuh kesan dan menyenangkan. Serta dihadiri oleh seluruh anggota KRI se Indonesia, dari berbagai daerah seperti Bekasi, Indramayu, Pati Rembang, Bandung, Surabaya, Ponorogo, Solo Raya dll. Dengan jumlah peserta lebih dari 100 orang.

Selama orientasi beberapa kegiatan berlangsung dengan lancar, seperti pengenalan para jajaran pengurus, serta penjabaran lebih dalam tentang masing-masing devisi yang berada di KRI. Kegiatan ditutup dengan hiburan musik dangdut dan pembagian doorprize menarik oleh Ketua Umum Komunitas Relawan Independen, Mario.